Wakil Bupati Maros Membuka JAMNAS Ke 3





Bantimurung, Maros – Ahad Pagi, (02/08), acara pembukaan Jambore Nasional ( JAMNAS )Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (HW) telah dilaksanakan di lapangan utama Bantimurung Kab. Maros, acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Maros, Andi Mappotorang, Ketua Pusat Kepanduan Hizbul Wathan Republik Indonesia, Muchammad Adji Subur, Ketua Kwartir Kepanduan Hizbul Wathan Sulawesi Selatan, Andi Burhanuddin Ahmad, Pemerintah Daerah beserta Jajarannya, para pendamping yang berasal dari berbagai provinsi, juga para peserta yang berjumlah lebih dari 2.000 orang, dan juga penggembira yang ikut serta dalam memeriahkan acara pembukaan Jambore Nasional yang Ke 3 ini.(foto: Saad)


Pada upacara pembukaan JAMNAS Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang Ke 3 ini, yang dipimpin lansung oleh inspektur upacara Santri Wati asal Pondok Pesantren Darul Aman Gombara, Nabila Reski Aulia, dan kegiatan ini, telah dibuka lansung oleh Wakil Bupati Maros, dilapangan utama Bantimurung, yang ditandai dengan pelepasan beberapa buah balon ke udara dan penyerahan tanda peserta.

Berikut sambutan Wakil Bupati Maros, yang kami dapatkan dari naskah yang ASLI.
 “…Mengawali sambutan pada kesempatan kali, perkenankan saya atas nama Pemerintah Kabupaten Maros, mengucapkan selamat datang kepada para peserta dan penggembira Jambore Hizbul Wathan ke-tiga di Kabupaten Maros sebagai bentuk apresiasi dalam meningkatkan syiar Mukhtamar Muhammadiyah ke-47 di Makassar Sulawesi Selatan.
Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan sebagai organisasi otonom Muhammadiyah senantiasi dan konsolidasi gerakan, sehingga salah satu arus utama pengkaderan di lingkungan Persyarakatan Muhammadiyah. Hizbul Wathan yang didirikan KH. Ahmad Dahlan dengan nama semula “Padvinder Muhammadiyah” yang selanjutnya berganti nama dengan Hizbul Wathan yang waktu itu memiliki semboyang ulil amri, sungguh berhajat menjadi orang utama, tahu akan sopan santun, dipercaya, bermuka manis, hemat dan cermat, penyayang, sukapada kerukunan, tangkas, pemberani, terpercaya, kuat pikiran menerjang segala kebenaran, ringan menolong sesame manusia.
Kepanduan Hizbul Wathan dalam perjalanan sejarahnya telah menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda Muhammadiyah yang berhasil, sekaligus menjadi sarana dakwah yang ampuh sehingga banyak anak-anak muda yang tertarik memasuki Kepanduan Hizbul Wathan. Mereka merasakan banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan menjadi pandu Hizbul Wathan. Tidak sedikit anggota pandu Hizbul Wathan menjadi orang yang percaya diri dan memiliki kepribadian yang baik, akhlak utama, luhur budi pekertinya, beriman dan menjadi masyarakat yang berguna.
Kepanduan Hizbul Wathan melahirkan orang-orang yang kemudian tidak hanya menjadi tokoh Nasional seperti Jenderal Sudirman (Panglima Besar TNI/Bapak TNI), Sudirman Bojonegoro (Mantan Pangdam Brawijaya), Syarbini (Mantan Pangdam Diponegoro), M. Amin Rais (Mantan Ketua MPR RI), Soeharto (Mantan Presiden RI), Faisal Tanjung (Mantan Menko Polkam), dll
Dalam sambutannya, ia menambahkan, bahwa “Tujuan utama Hizbul Wathan adalah memperkokoh taqwa, membentuk akhlak dan watak berdasarkan iman kepada Allah SWT sehingga anggota Hizbul Wathan memiliki rasa tanggung jawab terhadap keluarga, bangsa, cinta lingkungan dan tanah air. Cinta tanah air berarti menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar termasuk kekayaan hutan beserta isinya sebagai anugrah Allah SWT, melakuka perkemahan di alam terbuka, di tepi hutan dan di kaki gunung hendaknya semakin menyadari kebesaran Allah SWT dan mensyukuri kekayaan anugrah-Nya. Oleh karena itu kegiatan Jambore Nasional ke-tiga kali ini diharapkan dapat menciptakan insane-insan pembangunan yang memiliki semangat patriotism dengan dasar iman dan taqwa serta akhlakul karimah.
Hizbul Wathan diharapkan dapat menjadi pelopor bagi lingkungan, baik akhlak maupun kreativitas. Di masa depan Hizbul Wathan hendaknya dapat membentuk pemimpin – pemimpin yang jujur, berakhlak mulia , ulet, cerdas dan selalu peka terhadap perkembangan social di sekitarnya sehingga dari rahim Hizbul wathan lahirnya tokoh – tokoh bangsa yang berkualitas.
            Akhirnya, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dengan penuh ketulusan dalam menyukseskan kegiatan jambore Nasional hizbul Wathan ke – tiga yang dipusatkan di Kabupaten Maros ini, semoga apa yang kita lakukan bernilai ibadah dan diridhoi oleh allah SWT.
           Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, semoga Allah SWT. Senangtiasa memberikan bimbingan dan petunjuk-nya kepada kita sekalian. Dengan ucapan “Bismillahirrahmanirahim”, jambore Nasional Kepapanduan Hizbul Wathan ke-3 tahun 2015 saya buka dengan resmi. BUPATI MAROS ( Ir. H. HATTA RAHMAN, MM ).”


Setelah acara pembukaan Jambore Nasional Kepanduan Hizbul Wathan yang ke-3 selesai, peserta pembukaanpun dihibur dengan beberapa penampilan, di antaranya Drumband Asal Kabupaten Enrekang (SMA Muhammadiyah Kalosi) yang merupakan disponsor lansung oleh Bupati Kabupaten Enrekang, Muslim Bando.
(Muh.Sa’ad-Akbar Sani)

Komentar