Banyak Doktor Tidak Ada Apa-apanya




Beban atau kewajiban menyelesaikan 72 SKS bagi mahasiswa program pascasarjana sebenarnya tidak ada masalah. Kebetulan saja mata kuliah dan tesisnya diberi bobot. Pemberian bobot SKS tersebut, terutama bertujuan untuk meningkatkan mutu tesis atau mutu disertasi.

-------------------
Prof H Ide Said MPd
(Direktur PPs Unismuh Makassar)
--------------------





---------------------


Banyak Doktor Tidak Ada Apa-apanya


Direktur PPs Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof H Ide Said MPd mengatakan, beban atau kewajiban menyelesaikan 72 SKS bagi mahasiswa program pascasarjana sebenarnya tidak ada masalah.

“Itu kan hanya nama saja. Kebetulan saja mata kuliah dan tesisnya diberi bobot, jadi mata kuliahnya tidak perlu ditambah,” ujarnya.

Pemberian bobot SKS tersebut, katanya, terutama bertujuan untuk meningkatkan mutu tesis atau mutu disertasi, karena diharapkan mahasiswa membuat karya ilmiah untuk dimuat pada jurnal nasional terakreditasi (S2) atau jurnal ilmiah internasional (S3).

“Saya setuju sekali, karena sekarang banyak doktor baru yang seperti tidak ada apa-apanya. Kualitas tesis mahasiswa S2 juga hampir sama kualitasnya dengan skripsi mahasiswa S1,” tandas Ide Said.

------------------------
@copyright Majalah Almamater, edisi Agustus 2014
---------------------------------------------------------------

Komentar